Jenis dan Keunggulan Dari Semua Bahan Pot

Jenis dan Keunggulan Dari Semua Bahan Pot

Pot bunga menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan taman tetapi tidak memiliki taman atau taman yang luas. Anda kemudian dapat meletakkan pot ini ke dalam pot atau melapisinya di sekitar teras rumah Anda. Jika Anda berada di tempat yang tepat, niscaya koleksi tanaman Anda akan tampil estetis dan rapi. Panci tersedia dalam berbagai bahan dan gaya, serta berbagai ukuran pot. Setiap bahan pot memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sayangnya, tidak semua bahan pot hias cocok untuk menumbuhkan semua tanaman. Ada beberapa jenis bahan penanam beserta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Pot Bunga Plastik Memang yang Paling Murah

Jenis dan Keunggulan Dari Semua Bahan Pot

Pot plastik memiliki lebih banyak pilihan dalam hal ukuran dan desain. Selain itu, pot bunga ini cukup murah dan tahan lama. Sayangnya pot plastik tidak bisa digunakan untuk menanam tanaman hias yang membutuhkan air. Pasalnya, pot plastik tidak memiliki pori-pori, sehingga panas dalam tanah meningkatkan suhu tanah. Hal ini membuat akar tanaman lebih mudah rusak dan daunnya menjadi layu. Solusinya lebih baik tinggalkan tanaman di rumah jika ingin menggunakan pot plastik.

  1. Pot Tanah Liat Sering Disebut Pot Kreatif

Selain desain kreatif dan warnanya yang indah dari bahan yang sangat mudah, sirkulasi udara slow cooker bagus meski tanpa liner. Pot ini menjaga agar air tetap meresap dan menampung air dalam jumlah besar, mencegah akarnya membusuk. Secara umum pot ini cocok untuk menanam tanaman hias, batang dan buah-buahan. Akan tetapi, disarankan untuk meletakkan slow cooker pada posisi yang aman, terutama jika tanaman sudah tumbuh dan mulai berakar, karena rentan retak dan rusak.

  1. Pot Pohon yang Dapat Mempercantik Halaman Rumah

Pot bahan pohon minimalis ini sering digunakan untuk menanam sukulen dan kaktus yang diletakkan di meja dan sudut ruangan. Dibandingkan dengan pot tanah liat, pot kayu lebih tahan lama dan menyerap air dengan baik. Sayangnya, pot dengan kualitas yang buruk cenderung mudah membusuk jika terkena air secara terus menerus. Perubahan suhu dapat dengan cepat merusak pot unik ini.

  1. Pot Semen Beton Lebih Tahan Lama

Pekebun dengan bahan semen beton ini biasanya identik dengan pekebun besar karena berukuran besar dan berat. Selain daya tahan, pekebun beton relatif murah dan bisa juga dibuat sendiri. Pot jenis ini mampu menyerap air dengan baik, sehingga mempertahankan media tanamnya.

Berbeda dengan pot plastik, pot ini kokoh dan rapuh, sehingga bisa digunakan untuk menanam tanaman dengan akar yang kuat. Kelemahannya adalah potnya sangat berat sehingga sulit untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, pertimbangkan dulu lokasi penempatannya sebelum menempatkannya agar tidak perlu dipindahkan lagi nanti.

  1. Ada Pot Keramik Seperti Kap Lampu Mewah

Sebenarnya pot bunga dengan bahan keramik ini fungsinya sama dengan pot bunga lainnya, namun lebih diutamakan menggunakan pot bunga keramik untuk dekorasi interiornya seperti kap lampu yang mewah. Pasalnya, pot keramik biasanya memiliki warna-warna cantik dan corak minimalis. Pot keramik tergolong tahan lama, namun sayangnya pot ini sangat rentan terhadap kerusakan dan retak jika diletakkan sembarangan. Mengingat harganya yang mahal, sebaiknya digunakan untuk budidaya tanaman hias bernilai tambah tinggi seperti bonsai dan adenium.

  1. Pot Besi Dibuat Dari Barang-barang Rumah Tangga

Pot besi panjang tahan cuaca dan tidak berbahaya bagi tanaman. Namun, jika dibiarkan di luar ruangan, tanah akan cepat kering dan akarnya juga bisa mengering. Caranya, gunakan pot besi untuk tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari langsung dan letakkan di sekitar rumah Anda. Jangan lupa buat lubang di dasar pot agar air mengalir dengan lancar.

Ada banyak ragamnya dari barang-barang rumah tangga yang tidak terpakai, tapi toples di atas sering dijual di toko toples terdekat, jadi pastikan untuk mencarinya. Agar mudah serasi, lebih baik gunakan pot putih saat meletakkannya di ruangan atau ruang tamu.

Share Post