Selain Hiasan, Inilah Kelebihan Tanaman Hias Yang Kurang Dikenal

Selain Hiasan, Inilah Kelebihan Tanaman Hias Yang Kurang Dikenal

Selain Hiasan, Inilah Kelebihan Tanaman Hias – Apa yang terlintas di benak Anda ketika ditanya tentang fungsi tanaman hias? “Ya, namanya tanaman hias. Tentu juga berfungsi sebagai penghias rumah.” Itu yang langsung terlintas di pikiran. Nah, jawaban Anda tidak salah. Namun tentunya tetap memiliki estetika dan bentuk ruangan, serta masih banyak lagi keistimewaan tanaman hias yang belum banyak kita ketahui. Tapi apa sebenarnya kelebihan dari tanaman hias? Sekarang lihat detailnya di bawah ini.

Hapus Partikel Beracun Dari Udara

Tanaman hias tidak hanya bisa menyejukkan mata, tapi juga nafas. Menurut penelitian NASA, bunga krisan, krisan, spatophilus dan berbagai tanaman hias lainnya efektif menghilangkan partikel polusi dari udara.

Tanaman ini dapat menyaring benzena, formaldehida, trikloretilen, xilena dan amonia dari udara. Bahan kimia ini sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan pernapasan, dan alergi. Wah, banyak banget ya manfaatnya!

Kurangi Debu Dalam Ruangan

Selain Hiasan, Inilah Kelebihan Tanaman Hias Yang Kurang Dikenal

Ada kemungkinan debu akan menyebar saat musim kemarau. Solusinya adalah dengan menggunakan tanaman indoor yang dapat melepaskan 95-97% air yang dikandungnya ke atmosfer. Kadar air ini menjebak debu dari lingkungan dan menciptakan kelembapan yang dapat diserap.

Selain itu, komposisi kelembaban tanaman hias jelas menyeimbangkan tingkat kelembaban di udara, terutama pada musim panas dan kemarau. Tanaman hias adalah pembersih udara dan pelembab udara alami yang murah.

Mengusir Nyamuk

Di iklim tropis seperti Indonesia, nyamuk tentu saja menjadi “teman” kita sehari-hari. Semprotan nyamuk sering dijadikan senjata utama untuk membasmi sobat sial ini. Sayangnya, kebanyakan obat semprot nyamuk masih mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan keluarga Anda.

Jadi, mengapa tidak menanam obat nyamuk yang sudah alami daripada menggunakan semprotan nyamuk? Anda dapat menyingkirkan serangga penghisap darah ini dari rumah Anda dengan memaparkan tanaman seperti kemangi dan geranium yang tidak disukai nyamuk.

Tingkat Kebisingan Terendah

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa tanaman dapat beradaptasi dengan gelombang suara di sebuah ruangan. Tentu saja, bukankah ini baru bagi sebagian dari Anda? Tanaman berguna dalam hal ini, terutama jika Anda tinggal di dekat jalan raya. Tanaman indoor seperti pohon karet dan benjamin dapat menyerap gelombang suara dan mengurangi tingkat kebisingan. Menyimpan kayu keras ini di rumah adalah cara yang bagus untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Menetralisir Bau Tak Sedap

Kadang-kadang bau yang tidak menyenangkan akan menyerang rumah. Bau makanan basi, bau toilet, bau hewan peliharaan. Jauh lebih baik menggunakan wewangian tumbuhan alami daripada yang kimia. Misalnya, Anda bisa menambahkan tanaman hias seperti lidah mertua, mawar, dan spathiphyllum agar udara tetap segar dan harum. Tanaman ini tidak menggunakan bahan kimia dan sama efektifnya dengan wewangian lainnya.

Membuat Tidur Anda Lebih Sehat

Tidak bisa tidur nyenyak? Jangan langsung minum obat tidur! Selain bisa membuat ketagihan, asupan obat yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Coba tambahkan tanaman seperti lavender dan melati ke dalam ruangan. Tanaman berbunga ini dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta mengurangi kecemasan, stres, dan rasa sakit yang biasanya mengganggu tidur. Dengan tanaman ini di kamar tidur Anda, Anda bisa tidur seperti bayi.

Meningkatkan Resistensi

Tanaman hias seperti ivy setan telah terbukti meningkatkan daya tahan tubuh pada manusia. Dengan lebih dari 1200 tanaman ivy setan, gedung perkantoran Parharpur adalah bangunan tersehat di India, menurut penelitian. Dibandingkan dengan staf di gedung lain, staf kantor Parharpur memiliki insiden penyakit umum yang jauh lebih rendah (asma, iritasi mata, sakit kepala, masalah pernapasan).

Menanam tanaman dalam ruangan juga membantu meningkatkan kelembapan mutlak. Menurut sebuah penelitian di Oregon State University, ini membantu mencegah penyebaran virus flu.

Share Post